Kamis, 17 Juli 2014

Mengenal Filosofi

Filosofi atau filsafat adalah ilmu yang membahas tentang fenomena atau gejala yang terjadi di dunia secara mendasar dan kritis. Filosofi merupakan ilmu yang digunakan untuk mengungkap fenomena secara rasional dan tidak didalami melalui eksperimen. Inilah yang membedakan antara sains teoritis dengan sains terapan. Sains teoritis menggunakan ilmu filsafat sedangkan sains terapan melakukan pendekatan dengan eksperimen atau percobaan.

Pentingkah Filsafat itu?
Filsafat merupakan dasar pijakan atau alasan serta tujuan seseorang melakukan sesuatu, oleh karena itu filsafat sangat penting untuk dipelajari. Hanya saja Ilmu filsafat di Indonesia berkembang sangat lamban karena sebagian masyarakatnya masih menganggapnya sebagai hal yang kurang penting. Selain itu, dominasi agama juga membuat pikiran orang-orang Indonesia cenderung stagnan.

Orang-orang yang mendalami filsafat disebut sebagai filsuf. Seorang dikatakan mulai memiliki jiwa seorang filsuf jika sudah mulai berpikir tentang Apa itu hidup (mempertanyakan definisi) mengapa kita hidup (mempertanyakan tujuan), apa penyebab hal tersebut terjadi (mempertanyakan sebab atau alasan).

Filosofi di berbagai bidang
Ekonomi -> Di luar negeri, filosofi merupakan salah satu senjata ampuh untuk meningkatkan penjualan. Orang-orang idealis seperti steve jobs mampu membuat orang-orang membeli produk apple karena kagum dengan sosok steve jobs yang sangat berkarakter dan sering melontarkan bahasa-bahasa filosofis.

Politik -> Contoh filosofi politik sangatlah banyak, pada jaman romawi filosofi tentang "demokrasi" menjadi trendnya dan pada abad 19, filosofi tentang pertentangan kelas yang dimunculkan oleh Karl Marx membuat timbulnya ideologi komunisme yang berhasil diterapkan oleh Lenin di Uni Soviet melalui revolusi Oktober.

Sains -> Filosofi sains teoritis terbagi menjadi dua, yakni sains klasik dan sains modern. Dimana sains klasik menitikberatkan pada benda-benda yang bersifat makro dan bersifat deterministik. Sedangkan sains modern dipengaruhi oleh konsep mekanika kuantum yang menitikberatkan pada benda-benda yang bersifat mikro (seperti atom) dan bersifat probabilistik.

by : Jemick Words

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar